UTS_SOSIOLOGI PEMBANGUNAN

 Nama: Avia Cahyani Putri

    Nim: 21107020052

    UTS Sosiologi Pembangunan

    semester 4

    Contoh Pembangunan YIA Di      Kulon Progo

Pembangunan bandara baru NYIA Di Kulon progo dinilai sangat mendesak dilakukan meskipun sebagian pihak masih menolak 

Pihak yang menolak sebagian kecil warga namun tetap melanjutkan pembangunan bandara yang jadi salah satu proyek strtegis nasional tersebut. Karena bandara Adi sucipto sudah melebihi penumpng .

Panjang landasan pacu tidak mampu menampung pesawat berbadan besar .

Bandara milik TNI AU di rancang untuk militer. 

Pengembangan bandara Adi sucipto tidak bisa dilakukan karena terhambatketerbatasan lahan dan kendala alam. 

Yogyakarta koto kunjungan wisata ke dua setelah Bali 

    Bandara YIA di Kulon Progo di bangun seluas 587 Hektar di tandai dengan prosesi ‘’ babat alas Nawang Krido.’ Peletakkan batu pertama oleh Presiden Ri di Desa Jangkaran Temon Kulon Progo, DIY . Bandara ini di bangun yang di rencanakan sejak delapan tahun yang lalu seluruh proses Pembebasan lahan dan amdal, dapat di selesaikan dengan baik.

    Walaupun penyelesainya dengan cara di pengadilan. Peran Bandara ini sangat di butuhkan menggantikan Bandara Adi Sucipto yang tidak mampu menampung penumpang dan pesawat yang ada. Karena Bandara Adi Sucipto pengembangan tidak akan bisa lagi karna keterbatasan lahan. Bandara ini tentunya menambah kenyamanan para penumpang dan akan meningkat sekitar sepuluh kali lipat. Pembangunan Bandara ini, sangat di butuhkan sebagai Destinasi andalan selain di Bali . Bandara tersebut menimbulkan efek domino yang positif bagi Jogjakarta. Dapat meningkatkan Transportasi, perdagangan, pariwisata, juga menciptakan lapangan kerja , pada ahirnya meningkatkan pertumbuhkan ekonomi masyarakat juga agar momentum pembangunan untuk membangun peradaban baru di Jogjakarta jadi lebih moderen dan dinamis. Akan mengubah Peradaban Tradisional Statis menjadi modern dinamis.

    Pembangunan tahab satu selesai pada bulan Maret 2019. Dan tahab dua yang menampung hingga duapuluh juta pertahun, menampung penumpang pertahunnya 

    Kendala-kendala pembangunan YiA di Kulon Progo seperti: pembebasan lahan, konstruksi namun itu bukan kendala yang berarti secara umum, proses pembangunan menunjukkan hasil yang baik. Adapun percepatan pembangunan Bandara di antaranya: pengadaan lahan, perencanaan dan konstruksi, desain, pembatasan pagar lahan, air side, terminal, tower, gedung penunjang dan insfrastuktur pendukung. 

Dampak positif dalam aspek sosial yaitu pola peningkatan pikiran masyarakat terhadap pendidikan seperti: pola pikir terhadap pendidikan Anak dan meningkatkan SDM masyarakat. Bandara YIA juga berdampak negatif terhadap lingkungan sosial seperti: penipuan, masuknya budaya asing, meningkatnya pengeluaran masyarakat serta meningkatnya kriminalitas di masyarakat..

    Sedangkan dalam aspek Ekonomi dari masyarakat peningkatan pendapatan oleh faktor pekerjaan dan meningkatnya potensi pariwisata. Meningkatnya kesejahteraan, menambah lapangan kerja baru, peluang usaha makin terbuka luas, meningkatnya kunjungan wisata, akses perdagangan serta pendidikan.

 Kehadiran Bandara sangat di yakini akan meningkatkan perekonomian khususnya Yogyakarta., yang berimbas ke Jawa Tengah. Pariwisata akan jauh perkembanganya juga kerajinan hasil Industri makin berkembang.Beberapa usaha terkait yang bisa di garap antara lain: Kos atau Homestay, toko, rumah makan, transportasi atau rental kendaraan, loundry, bengkel dan ketring. Adapun peluang tenaga kerja lokal seperti: tenaga keamanan, drivir, tehnisi, adminitrasi, kebersihan dan tenaga gardener.

Salah besar jika di asumsikan YIA hanya menguntungkan kelas ekonomi menengah keatas,  kelas menengah kebawah sangat cukup besar juga. 

Pendapatan asli daerah juga akan naik siknifikan dari sektor pariwisata, industri, perdagangan, pajak dan retribsi. Infestor akan berdatangan membuiuka usaha yang baru dan lapangan pekerjaan bertambah dan ekonomi berputar.

    Respon Masyarakat terhadap Pembangunan Bandara YIA di Kulon Progo

    Publik mengalami polarisasi sebagian ada yang pro dan sebagian ada yang kontra harus di akui media ikut merefliksikan dan menjadi arena pertarungan dari wacana polemik yang sedang    berlangsung 

   Tujuan Pembangunan YIA pembangunan bandara tersebut untuk meningkatkan kebutuhan transportasi udara karena Bandara yang sudah ada tidak bisa di kembangkan lagi untuk menampung pertumbuhan yang terus berkembang. Untuk memperluas konektivitas dan meningkatkan kapasitas trafik angkutan udara sekaligus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mensejahterakan warga di sekitar Bandara.


Comments

Popular posts from this blog

TEORI KONFLIK RANDALL COLLINS

TEORI STRUKTURASI TOKOH ANTONI HIDENS

Tokoh Sosiologi Klasik